Plenary Session

 

Diana Setiyawati, M.HSc, Psy., Ph.D

Diana Setiyawati, MHSc.Psy., Ph.D., adalah dosen pada FakultasPsikologi UGM. Beliau adalah Doktor dalam bidang Public Mental Health dan saat ini menjabat sebagai pimpinan dariCenter for Public Mental Health (CPMH), sebuah unit penelitian dan advokasi kesehatan mental di Fakultas Psikologi UGM. Penelitian-penelitian yang dikembangkannya adalah seputar mental health dan wellbeing (termasuk family wellbeing dan school based mental health), pengembangan profesi psikolog dalam sistem kesehatan mental Indonesia dan evidence based therapy seperti CBT.Ketika menjalani studi S3 dengan beasiswa Australia Awards Scholarship, disertasinya tentang kurikulum untuk psikolog puskesmas di Indonesia, belajar dari pengalaman International dan Australia, mendapatkan penghargaan Australia Awards Hadi Soesastro Prize dari Mentri Luar Negri Australia.

Text and image block

Dr. Rakhman Ardi, M.Psych.

Topik : Membangun Tanggung Jawab Digital pada Netizen.

Dr. Rakhman Ardi, M.Psych. Dosen pada Fakultas Psikologi, Universitas Airlangga, Surabaya, dan menjadi dosen tamu pada mata ajar Psikologi Ruang Siber di Ural Federal University, Rusia; dan juga University of Warsaw, Polandia. Menempuh pendidikan S1 Psikologi di Fakultas Psikologi, Universitas Airlangga (2001-2005); S2 Psikologi di Department of Social Psychology, Faculty of Psychology, Ural Federal University (2009-2011); dan S3 Psikologi pada Department of Personality Psychology, Faculty of Psychology, University of Warsaw (2012-2016). Aktif meneliti di topik psikologi internet, psikologi media, dan kesehatan mental dalam perspektif lintas budaya. Publikasi-publikasi ilmiahnya pada-pada topik tersebut dimuat dalam jurnal internasional berbahasa Inggris dan juga Rusia. Penelitiannya terkait komunikasi online pernah mendapatkan outstanding paper award pada Internet Technologies and Society Conference oleh International Association for Development of Internet Society, 29 November-1 December 2013, Kuala Lumpur, Malaysia. Pada tahun hingga 2014-2015, Ia mendapatkan Research Grant for Young Scientist dari University of Warsaw ( Działalność Statutową Młodych Naukowców). Saat ini, ia juga menjadi konsultan riset pada salah satu platform pembelajaran online terbesar di dunia untuk kawasan Indonesia, Brainly.co.id, yang memiliki 24 juta pengguna di Indonesia. Brainly merupakan platform online berbasis Q & A yang bertujuan memfasilitasi siswa-siswi untuk belajar secara mandiri.

Text and image block

Laras Sekarasih, Ph.D

Laras Sekarasih adalah dosen di Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia, ia mengajar Psikologi Media, Psikologi Sosial, Psikologi Konsumen, dan Metode Penelitian Kuantitatif. Ia menerima gelar Ph.D. dari Universitas Massachusetts Amherst. Selama menempuh pendidikan PhD, ia merupakan anggota kelompok penelitian literasi media, sebagai peneliti dan fasilitator dalam inisiatif literasi media tahunan di dua sekolah dasar setempat di daerah Pioneer Valley di Massachusetts. Dia juga seorang konsultan di Universitas Massachusetts Amherst Institute for Social Science Research. Bidang penelitiannya adalah psikologi sosial dari penggunaan media, media, anak-anak, dan keluarga, serta media dan konsumen. Karyanya telah diterbitkan sebagai artikel jurnal dan bab buku, termasuk di Journal of Children and Media, The Communication Review, dan Journal of Media Literacy Education. Pekerjaannya yang sedang berlangsung termasuk penelitian tentang pengambilan keputusan orang tua tentang aplikasi seluler yang berorientasi pada anak-anak.

Dr. Mirra Noor Milla, M.Si

Topik : Deradikalisasi Teroris Mungkinkah?

Deskripsi Diri :

Dr. Mirra Noor Milla merupakan dosen di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dan juga Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Sebagai psikolog dan juga akademisi di bidang psikologi sosial, beliau mendalami perilaku yang banyak terkait dengan politik serta terorisme. Ia pun mengemban tugas sebagai Sekretaris Jenderal Ikatan Psikologi Sosial Indonesia sejak tahun 2015 hingga sekarang. Saat ini, ia tergabung dalam Tim Ahli Psikologi Deradikalisasi dalam Lapas Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Wakil Ketua Pusat Studi Terorisme dan Konflik Sosial Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, serta beberapa keanggotaan di organisasi internasional seperti Association of Peace Psychology dan Association of Political Psychology. Puluhan karya yang sudah dihasilkan baik dalam bentuk buku, presentasi di forum ilmiah maupun artikel ilmiah pada tema yang ia dalami yaitu teroris dan radikalisme.

Text and image block

Dr. Rizka Halida


Dr. Monty P. Satiadarma, Psi.

Dr Monty Satiadarma adalah seorang psikolog klinis yang telah mengajar psikologi di Universitas Tarumanagara sejak tahun 1994. Ia adalah salah satu pendiri Departemen Psikologi di Tarumanagara, pernah menjabat sebagai Dekan Psikologi, Wakil Rektor dan Rektor universitas. Ia lulus dengan gelar psikologi dari Universitas Indonesia, terapi seni dari Emporia State, Kansas, konseling keluarga dari Notre Dame de Namur, California, dan hipnoterapi klinis dari American Institute of Hypnotherapy - Irvine, California. Ia telah menerbitkan sejumlah buku nasional dengan minat khusus dalam psikologi pendidikan, olahraga, dan dalam terapi musik dan seni - metode yang ia gunakan untuk menginterpretasi kondisi klinis beberapa korban tsunami Indonesia melalui analisis proyektif atas nama Palang Merah Internasional dan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Dia adalah mantan anggota dewan dan ketua area International Council of Psychology dan pendiri Asian Psychology Association, dan kini merupakan anggota dewan International Academic Forum yang berkedudukan di Jepang, selain selaku anggota komisi etika Himpsi wilayah Jakarta.

Text and image block